Assalamualiakum Wr. Wb.

Selamat pagi .
Hari ini saya akan membahas hal -hal yang berhubungan dengan lingkungan hidup (manajemen lingkungan). Sekarang ini pertumbuhan umat manusia semakin pesat kebutuhan akan sumber daya dan sebagainya begitu meningkat dengan siginifikan. Dengan itu tanpa adanya pengolahan sumber daya yang baik dan secara arif maka jangan heran bila suatu saat nanti kita akan kekuranga sumber daya maka dari itu pengolahan lingkungan hidup(Manajemen Lingkungan Hidup) begitu penting kita ketahui dan pahami. Jadi seharusnya pembangunan saat ini haruslah berwawasan lingkungan. Sehingga kedepannya lagi kesetabilan linggkungan akan terjalin dengan sendirinnya.

Di dalam Al-Qur'an pun kita di perintahkan untuk melestarikan lingkungan. Hal itu terdapat pada



55. Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas56. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.
57. Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu, maka Kami keluarkan dengan sebab hujan itu pelbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran. 58. Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah Kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami) bagi orang-orang yang bersyukur. .
(surah Al-A'raaf : 55-58)



Sungguh Allah swt telah memerintahakan kita untuk menjaga lingkungan namun kenyatan yang ada pada saat ini jauh dari harapan yang ada. Yang terjadi bencana datang silih berganti.

Lingkungan Hidup dapat diartikan sebagai satu kesatuan kehidupan pada alam yang terjalin dengan baik serat berhubungan timbal balik antara yang satu dengan yang lain antara manusia dengan lingkungan itu sendiri. Defenisi dalam (Undang Undang No. 23 Tahun 1997) lingkungan hidup yaitu kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.
.
Saya mencermati di sekeliling area kost saya yang dimana sanitasi pembuangan airnya begitu buruk. Hal ini dapat mencemari Air tanah dimana air tanah adalah sumber air yang selalu kita pakai dalam aktivitas kehidupan kita. Mungkin di posting berikutnya saya akan memaparkan beberapa photo yang menjelaskan begitu buruknya sanitasi air di area kost dan kurangnya perhatian atas lingkungan sekitarnya. Kita mungkin mengira bahwa saat ini belum ada terjadi apa-apa namun yakin dan percayalah 10- 20 tahun kedepan dampak dari semua itu akan di rasakan.

Ruang lingkup lingkungan hidup itu sendiri sendiri dapat di bagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut
  1.  Ekosistem
  2.  Mutu lingkungan
  3.  Limbah lingkungan
  4.  Baku mutu lingkungan
  5.  Daya dukung lingkungan
  6.  Daya lenting lingkungan
  7.  Citra lingkungan
  8.  Pengolahan lingkungan
Kesimpulan dari semua ini kita sebagai penghuni bumi ini seharusnya menjaga serta melestarikan apa yang ada di bumi ini. Karena sungguhnya kita di ciptakan di muka bumi ini sebagai penjaga dan pelestari lingkungn bukannya perusak lingkungan.

Categories:

Leave a Reply