SOLO, suaramerdeka.com – Sesuai jadwal, pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 akan diumumkan 28 Mei mendatang. Namun pengumuman bisa dimajukan atau dimundurkan sesuai karena tergantung dari hasil pengumuman ujian nasional (UN) 2013.
"Sebetulnya bila UN bisa diumumkan on time, maka dua hari kemudian SNMPTN juga bisa diumumkan," kata Ketua Panitia SNMPTN 2013 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof Drs Sutarno MSc PhD, Kamis (23/5).
Dikatakan, bila hasil UN diumumkan 24 Mei, maka pengumuman SNMPTN bisa diumumkan dua hari berikutnya yakni 26 Mei 2013. Begitu pula sebaliknya, bila hasil pengumuman UN tertunda, maka pengumuman SNMPTN 2013 juga akan penundaan.
Sutarno mengatakan bahwa berdasarkan informasi dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), hingga Kamis (23/5) pagi, hasil UN belum masuk ke Dikti. Sebab bila hasil UN bisa segera masuk, maka segera diolah oleh Dikti untuk keperluan SNMPTN.
Menurut Sutarno, bila pengumuman SNMPTN 2013 bisa dimajukan akan memberi keleluasaan bagi pendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013, khususnya lulusan SMA/SMK 2013 untuk memilih program studi yang sesuai keinginannya.
( Evie Kusnindya / CN33 / SMNetwork )

Categories:

Leave a Reply